Friday, February 13, 2009

GAME LEARNING

Apapun teori belajar yang digunakan, pada hakikatnya adalah bagaimana materi belajar tersebut harus tetap melekat di memori dan bisa dipanggil kembali. Hasil belajar yang ada di memori bisa hilang atau tidak bisa diingat kembali karena berbagai faktor. Belajar yang menyenangkan dan penggunaan metode Mnemonic untuk memudahkan dan mempertahankan materi pembelajaran tersimpan di memor.


Metode mnemonic dan repitition (pengulangan) akan cukup efektif untuk meningkatkan fungsi otak mengingat materi pembelajaran. LTM menyimpan informasi baik explicit dan implisit. Informasi yang bersifat eksplisit seperti episodic (kejadian kehidupan) dan semantik (kata, ide, konsep). Sedangkan Informasi Implisit seperti prosedural (skill), dan kondisi emosional.

Membaca atau melihat suatu materi secara berulangulang akan lebih kuat menanamkan materi tersebut di memori. Sedangkan dengan bentuk materi yang mnemonic akan juga mempermudah mengingat materi tersebut juga. Beberapa tekni dalam mnemonic yaitu antara lain : Acronyms, Acrostics, Rhyme & Song, Method of Loci, Chunking, dan Practices.

Game sebagai salahsatu produk teknologi dapat menjadi salahsatu media pembelajaran yang efektif. Energi dan motivasi yang besar dalam bermain game dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran dan mengingat materi belajar. Game 3D dapat merupakan ‘eye candy’ yang menarik untuk mempertahankan motivasi dan minat player bermain sambil belajar. penggabungan Game 3D dengan teknik peningkatan fungsi otak diatas akan sangat membantu siswa belajar dan mempertahankan hasil belajarnya. Pemanfaatan teknologi game untuk pembelajaran akan lebih tinggi jika dikemas dalam bentuk mobile game dimana game dapat dimainkan kapan dan dimana saja, baik sendiri atau bersama teman, terutama diwaktu menunggu dan perjalanan.

Tantangan utama dari penelitian ini adalah bagaimana mengemas game 3D yang menyuguhkan materi belajar dengan menerapkan konsep mnemonic dan repitasi tanpa banyak mengganggu kesenangan bermain game. Game petualangan dalam sebuah gedung yang memiliki banyak dinding dan lorong seperti labirin bisa menjadi alternatif utama untuk mengimplementasikan game ini. Tantangan untuk mencari jalan keluar dalam sebuah labirin dengan konsep ruang 3D masih cukup menarik untuk dimainkan. Beberapa bagian dinding ditampilkan poster yang berisi materi pembelajaran seperti fisika dan matematika yang dibuat seringkas mungkin dalam bentuk skema dan gambar yang dibuat dengan konsep menmonic. Gambar tersebut diletakkan pada berbagai dinding sehingga si pemain dengan tidak terasa melihat hal yang sama secara berulang-ulang. Metode pengulangan ini yang sering dipakai oleh dunia periklanan untuk menanamkan ingatan akan produk yang mereka iklankan di media massa.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

** Remodif Template by choymaster.blogspot.com **