Friday, April 3, 2009

LONG LIVE EDUCATION

Belajar adalah proses yang berlangsung sepanjang hayat, mulai dari manusia membuka mata sampi akhirnya menutup mata kembali. Entah kita sadari atau tidak dalam setiap detik yang kita lewati dan dalam setiap langkah yang kita lalui pasti ada unsur belajar didalamnya. Kalo kita melirik kebelakang 5 tahun, 50 tahun, 500 tahun, 5000 tahun atau bahkan ke zaman prasejarah dulu kita akan mengetahui bahwa orang2 primitif yang hidup pada zaman batu itu juga mempunyai naluri untuk belajar dan mengembangkan diri dengan memanfaatkan alam sekitarnya untuk membantu mempermudah dalam kehidupan mereka dizamannya. Diawali dari sebuah batang kayu (tongkat) dan juga batu-batuan yang mereka temukan dengan tanpa sengaja disekitar tempat hidup mereka, mereka menggunakan kayu dan batu-batuan tersebut untuk kegiatan berburu dan meramu (food gathering and food producing). Lama kelamaan mereka menyadari bahwa alat pemberian alam ini kurang efektif. dari sini sudah mulai ada yang namanya Learning by Experience,
sehingga kemudian orang2 primitif ini mencoba-coba memodifikas kayu dan batu-batuan tersebut sehingga bisa menjadi alat yang lebih efektif dan efisien untuk berburu dan meramu. Alat2 sederhana yang mereka ciptakan itu kemudian mereka ajarkan ke anak2 mereka dan mewariskan secara turun temurun yang pastinya juga dengan proses belajar mengajar dengan metode yang mereka ketahui pada saat itu, sehingga warisan nenek moyang tersebut masih ada dan banyak kita jumpai saat ini serta masih dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari peralatan yang terbuat dari batu dan kayu tersebut namun dengan bentuk yang lebih bagus, lebih unik dan halus serta lebih efisien.


Long live education....

Dengan berlalunya waktu manusia semakin banyak belajar dan terus belajar, dan hasil dari kegiatan belajar tersebut mereka menemukan hal2 baru yang sangat berguna sekali dalam kehidupan mereka seperti buku, radio, televisi, computer, internet dan lain2. Penemuan2 tersebut mereka manfaatkan di dalam dunia pendidikan untuk membantu anak2 dalam proses belajar mengajar. Harapannya adalah mereka (anak2 generasi baru) akan meneruskan dan mengembangkan penemuan2 baru lagi yang tentunya diharapkan akan dapat membantu dan memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan. Kira2 penemuan baru apakah yang akan dihasilkan oleh anak2 didik kita ya........!!!!! :)

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

** Remodif Template by choymaster.blogspot.com **